Nabung Dolar / Investasi Millennial

Buat kalian yang senang menonton atau membaca berita tentu mengetahui bahwa mata uang rupiah saat ini sedang melemah terhadap dolar AS karena berbagai macam alasan seperti bank sentral AS yang menaikan suku bunga secara agresif atau memburuknya neraca perdagangan Indonesia.

Di balik kemerosotan nilai rupiah, ada kesempatan bagus yaitu bila kalian memegang atau menyimpan dolar.

Dengan kondisi yang penuh ketidakpastian seperti saat ini menabung dolar AS tentu menjadi salah satu alternatif investasi. Meskipun tabungan dolar AS cenderung memiliki bunga yang lebih rendah dari tabungan rupiah, tetapi tabungan ini tetap memiliki keuntungan yang gak dipunyai di tabungan rupiah seperti :

  1. Uangnya bisa digunakan untuk biaya sekolah, berobat hingga belanja di luar negeri
  2. Uangnya bisa digunakan untuk ibadah haji
  3. Mempertahankan daya beli saat rupiah melemah

Dari ketiga keuntungan tersebut, yang akan paling terasa adalah pada poin nomor tiga.

Misalnya di tahun ini rupiah melemah tajam hingga di atas 14.500 per dolar. Buat mereka yang bekerja dengan bayaran dolar atau menyimpan mata uang AS tersebut tentu mendapatkan keuntungan naiknya pendapatan mereka saat dolar mereka ditukar ke rupiah.

Namun, sebelum kamu investasi ke tabungan dolar ada baiknya cari tahu bagaimana cara kerjanya seperti berikut ini:

  • Pahami istilah kurs beli dan kurs jual
Jual Beli Mata Uang / Investasi Millennial

Ketika kamu berada di bank atau money changer, biasanya ada papan dengan tulisan kurs beli dolar dan kurs jual. Kamu harus memahami istilah tersebut karena masih banyak orang tertukar pengertian ini.

Kurs jual adalah nilai yang ditawarkan bank atau money changer untuk menjual dolar miliknya kepada peminat dolar. Sedangkan kurs beli adalah nilai yang ditawarkan untuk membeli dolar milik kamu atau saat kamu mau menukar dolar milik kamu dengan rupiah.

Biasanya, kurs beli nilainya lebih rendah dibandingkan dengan kurs jual karena pihak money changer atau bank ingin mendapatkan keuntungan dari selisih nilai kurs ini.

Contohnya, kurs beli Rp.14.000, kurs jualnya Rp.14.100. Sehingga, harga per satu dolarnya adalah Rp.14.100 kalau kamu membeli di bank atau money changer.

  • Beli di tempat resmi
Bank / Investasi Millennial

Untuk menghindari mendapatkan dolar AS palsu, sebaiknya kamu membelinya di tempat resmi seperti money changer atau bank.

Karena tentu kamu juga pasti pernah mendengar adanya sindikat kejahatan pemalsuan dolar. Jadi tidak hanya rupiah saja yang bisa dipalsukan yah, hehehe

  • Jangan simpan terlalu lama
Kantung Uang / Investasi Millennial

Hal penting yang perlu kamu ketahui bahwa fisik uang dolar ternyata mempengaruhi nilai tukarnya lho. Jika ada cacat sedikit saja di kertas uang dolar itu, pastinya akan dihargai lebih rendah daripada nilai pasar, bahkan bisa saja ditolak oleh money changer atau bank

Karena itu disarankan, jika kamu sedang memiliki uang dolar, sebaiknya jangan terlipat yah.

Bagaimana dengan penjelasan di atas, semoga berikan manfaat yang besar ketika kamu mempertimbangkan untuk menabung dolar. Salam sukses yah.

 

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://www.investasi-millennial.com/pengen-menabung-dolar-yuk-liat-caranya/
Twitter
YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *