Investasi Millennial

Di awal tahun 2019, angka 80 juta tiba-tiba menjadi viral di berbagai media. Angka tersebut merupakan tarif kencan seorang artis yang tertangkap tangan polisi di Surabaya dan diberitakan secara heboh di media-media nasional. Angka yang cukup besar itu membuat orang mengutak-atik, bisa digunakan untuk apa saja uang sebesar itu?

Tentu sayang bukan kalau uang sebesar itu habis hanya untuk dibelanjakan. Bukankah lebih baik mengembangkan uang itu alias diinvestasikan.

Dalam rangka menjemput rejeki di awal tahun, yuk kita coba pelajari, kira-kira kalau kalian punya uang segitu bisa diinvestasikan kemana saja yah supaya meningkatkan jumlah keuangan kamu.

  1. Investasi Valas

 

Salah satu instrumen yang menguntungkan dalam waktu relatif singkat adalah valuta asing seperti dollar AS. Sekarang adalah saat tepat membeli dollar karena posisinya sedang melemah terhadap rupiah dengan pergerakan di kisaran level 14.100 rupiah per dollar.

Jika uang sebesar Rp 80 juta dibelikan dollar AS maka kalian akan mendapatkan $5673.75. Dengan pergerakan dollar yang masih berpeluang kembali menguat karena kebijakan bunga The Fed dan perang dagang AS-China, maka kamu bisa memperoleh keuntungan dari selisih kenaikan nilai dollar.

Dengan asumsi rupiah kembali melemah ke area 14.500 per dollar, maka jumlah uang kalian akan bertambah menjadi sekitar Rp 82.270.000, sehingga kalian akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp2,270.000.

  1. Investasi Saham

Jika kalian berminat untuk trading saham, awal tahun merupakan saat yang tepat untuk membeli saham. Karena apa? Karena di akhir tahun lalu adalah waktunya para trader merealisasikan keuntungan dengan menjual saham-saham koleksinya sehingga harga saham di awal tahun terdiskon.

Di awal tahun ini ada berita menggembirakan dari Bursa Efek Indonesia, yaitu saham BCA naik ke level tertinggi 6 bulan untuk mencapai level Rp26.300 per saham, sekaligus mencatat sebagai perusahaan perbankan dengan kapitalisasi terbesar di ASEAN melampaui Bank DBS Singapore. Kalau kalian tertarik membeli saham BCA dengan uang 80 juta rupiah maka kalian akan mendapatkan 3041 lembar saham.

Berburu saham-saham yang baru terdaftar atau saham IPO (initial public offering) juga menarik karena umumnya harganya masih murah. Seperti contoh saham PT Sentra Food Indonesia TBK (FOOD) yang baru terdaftar di bursa mengalami kenaikan hingga 68,89% atau Rp.93 ke harga Rp.228 di hari pertama. Dengan uang 80 juta rupiah maka kalian dapat memiliki saham FOOD sebanyak 350.877 lembar saham, wah banyak yah.

Untuk mengenali investasi saham, yuk cek di link berikut http://www.investasi-millennial.com/investasi-saham-untuk-millennial-apakah-sesulit-yang-dibayangkan/

  1. Beli Emas Fisik

Membeli emas fisik juga mungkin termasuk investasi yang bisa kamu pilih di tahun ini karena harganya yang melesat tajam di awal tahun.

Berdasarkan data PT Antam, pada Selasa (08/01/2019) kemarin harga logam mulia 1 gram sekitar Rp 660.000. Jika semua uang kalian dibelikan emas batangan, maka bisa dapat 121 keping. Jika kalian membeli yang 10 gram yang di hargai 617.500 maka bisa dapat sekitar 129 keping.

Untuk mengetahui apa untung rugi investasi emas fisik silahkan buka link berikut ini http://www.investasi-millennial.com/masih-tertarik-investasi-emas-fisik-semenjak-adanya-pajak/

  1. Deposito

Buat kalian yang ingin berinvestasi dengan risiko rendah, menempatkan uang kalian di deposito adalah salah satu pilihan terbaik.

Bunga deposito 5% per tahun saja sudah memberi keuntungan lumayan jika kamu menempatkan seluruh dana Rp 80 juta ini di deposito. Untuk mendapat gambaran keuntungan di deposito, kita berikan ilustrasi di bawah ini sehingga kamu akan tahu berapa imbal hasil yang kamu dapatkan di  akhir tahun.

Begini rumusnya :

Bunga deposito = jumlah uang simpanan x bunga per tahun x 80% x tenor : 12

Bunga deposito = 80.000.000 x 5% x 80% x 12:12 = 3.200.000

Sehingga ketika kamu mencairkan dana deposito di akhir tahun, uang kamu sudah berkembang menjadi 83.200.000 rupiah.

Untuk mengetahui apa itu Deposito silahkan buka link berikut ini http://www.investasi-millennial.com/suku-bunga-deposito-naik-waktunya-berinvestasi/

 

 

Nah, demkian gambaran singkat tentang manfaat yang didapat jika kalian memutar uang senilai Rp80 juta di berbagai instrumen investasi.

 

Selamat mencoba.

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://www.investasi-millennial.com/menjemput-rezeki-di-awal-tahun-2019-kemana-cocoknya-uang-rp-80-juta-diinvestasikan/
Twitter
YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *