Investasi Millennials

Menjelang akhir tahun, mungkin sebagian besar dari kalian menikmati dana kaget dari tempat kerja kalian yang umumnya di sebut bonus akhir tahun, wah tentu kalian senang yah.

Bonus akhir tahun ini merupakan penghasilan tambahan kalian diluar gaji bulanan. Nah, apakah kalian sudah memiliki rencana ketika menerima bonus akhir tahun nanti? Mungkin ada sebagian dari kalian yang sudah berangan-angan untuk melakukan traveling, membeli gadget atau berpikir untuk membayar DP rumah atau kendaraan. Hanya sebelum melakukan semua itu, ada baiknya kalian memprioritaskan hal yang sifatnya mendesak terlebih dahulu.

Sebelum itu mari kita lihat kondisi terakhir, apakah masih ada kewajiban-kewajiban yang harus diprioritaskan? Atau bonus tersebut dapat dialokasikan ke pos-pos yang dapat memberikan keuntungan di masa depan. Berikut skala prioritasnya agas bonus terkelola denga baik.

  1. Lunasi Hutang Jika Ada

Sebelum kalian memenuhi keinginan lainnya, ada baiknya kalian manfaatkan momen ini untuk membantu terbebas dari jerat hutang. Terutama bila beban tagihan kalian sudah melebihi 30 persen dari total penghasilan bulanan.

Karena, hutang kalian, entah itu dari kartu kredit, ataupun cicilan dalam bentuk lain rawan terkena imbas kenaikan suku bunga, misalnya seperti kredit pemilikan rumah (KPR)

Sadarkan kalian bahwa melunasi utang juga termasuk bagian dari investasi? Karena dengan melunasi hutang lebih lanjut dari jatuh tempo dapat mengurangi beban keuangan di masa depan. Sebab, jika telat bayar pastinya kamu akan dikenakan denda dan pembengkakan hutang bunga kredit.

Jika kalian dapat melunasi utang, kalian tentu dapat menikmati libur akhir tahun dengan nyaman, sehingga bisa bersemangat menyambut tahun baru dengan awal yang baru karena sudah menyelesaikan kewajiban ini.

  1. Ditabung Untuk Dana Darurat

Dana darurat adalah sebuah kebutuhan yang sangat mendesak, misalnya kamu, atau keluarga tiba-tiba mengalami musibah yang tidak terduga. Oleh karenanya, sisihkanlah bonus akhir tahun untuk kamu tabung ke dalam pos dana darurat.

Buat kalian yang masih binggung, tentu bertanya berapa sih idealnya dana darurat? Untuk jawaban pertanyaan ini adalah variasinya tergantung dari kemampuan dan status marital kalian. Bila kamu masih sendiri setidaknya sisihkan dana darurat setidaknya 3 kali pengeluaran bulanan.

Sementara itu jika kamu sudah bekeluarga dengan satu anak, usahakan minimal sisihkan 6 kali pengeluaran. Dan jika sudah ada dua anak, sebaiknya sediakan dana minimal 12 kali pengeluaran bulanan.

  1. Berinvestasi

Tujuan kalian berinvestasi tentu adalah mendapatkan keuntungan dari dana yang kalian keluarkan, oleh karena itu jangan di lepas kesempatan ini untuk menyisihkan bonus yang kalian dapatkan untuk berinvestasi.

Sehingga, saat ini mungkin adalah waktu yang tepat untuk memilah-milah produk investasi apa yang tepat sesuai dengan portofolio kalian. Bila anda ingin investasi jangka panjang kalian bisa memilih reksa dana atau obligasi. Sedangkan untuk jangka pendek kalian bisa mencoba untuk membeli saham atau berdagang forex, tentu ini diperlukan keahlian di bidang ini terlebih dahulu.

  1. Manjakan Diri

Setelah kalian mengalokasikan sebagian bonus untuk melunasi utang, dana darurat dan berinvestasi, tidak ada salahnya kalian untuk menggunakan sisanya untuk menyenangkan diri sendiri.

Karena kalian memang pantas untuk mendapatkan reward atas pencapaian dan kerja keras selama setahun penuh. Apalagi jika kalian memang sudah merencanakan ini sejak jauh-jauh hari. Misalnya kalian bisa saja mengambil paket liburan mumpung banyaknya hari libur, atau membeli barang yang kalian inginkan karena banyaknya promo diskon di akhir tahun. Namun, yang perlu diingat adalah kalian harus tetap mengontrol keuangan dengan baik yah.

  1. Jangan Lupa Bersedekah

Terakhir, sisihkan bonus kalian untuk bersedekah. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari berbagi dengan orang yang membutuhkan. Pastinya tidak akan membuat harta kamu habis.

Ternyata, berdasarkan hasil studi yang diterbitkan American Journal of Public Health di tahun 2013, diberitahukan bahwa orang yang bersedekah dapat lebih terlindungi dari dampak negatif stress.

Dengan memberikan bantuan secara sukarela akan meningkatkan produksi hormon endorfin, hal itu baik untuk kesehatan jiwa kita. Penelitian yang dilakukan Allan Luks ini melibatkan 3000 sukarelawan, dan 90%-nya merasakan betul manfaat berbagi dengan orang lain.

Lalu bagaimana cara menyalurkan sedekah? Kalian bisa sisihkan beberapa persen untuk disumbangkan ke organisasi amal seperti panti asuhan, korban bencana alam atau pembangunan rumah ibadah.

Jika 5 skala prioritas tersebut sudah dilakukan dan masih ada sisa uang, selamat! Berarti kamu telah mengelola bonus akhir tahun ini dengan baik.

 

 

Demikianlah artikel mengenai cara mengelola bonus akhir tahun, semoga berikan manfaat untuk kalian. Nantikan artikel bermanfaat kami lainnya.

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://www.investasi-millennial.com/mengelola-bonus-akhir-tahun-bagaimana-caranya-yah-millennial/
Twitter
YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *