Investasi Millennials / Generasi Millennials

“Generasi instan dan serba mau cepat”

Pernah dengar kalimat ini? Biasanya ini menjadi “cap buruk” bagi millennials yah. Sikap mereka yang dinilai tidak sabaran dianggap jadi salah satu sisi minus bagi generasi yang lahir dari tahun 80an hingga 2000an. Tapi tahu nggak, ternyata ada survei yang membuktikan bahwa millennials disebut sebagai investor terbaik loh.

Survei yang dilakukan Legg-Mason 2017 Global Investment Survey membuktikan bahwa millennials (18-35 tahun) disebut sebagai investor terbaik dibandingkan generasi terdahulunya, Gen-Xers (36-52 tahun) dan Boomers (53-71 tahun).  Survei ini dilakukan di 17 negara di Asia Pasifik, Eropa, Amerika Latin, dan Amerika Serikat.

Penasaran dengan hasil survei lainnya? Cek lebih lengkapnya di artikel di bawah ini.

Millennials ternyata rajin menabung loh!

Dari hasil survei, ternyata hanya 14% dari millennials yang mengatakan dirinya tidak punya tabungan. Angka ini lebih rendah dibandingkan dengan Boomers dengan angka 19% dan Gen-Xers dengan angka 25%. Awal yang bagus buat millennials untuk naik ke level investasi.

Millennials ingin punya “uang sebanyak mungkin”

Survei membuktikan 48% millennials ingin memiliki gaya hidup yang bagus di masa depan. Makanya dalam survei tersebut banyak yang mengatakan impian mereka adalah mendapatkan “uang sebanyak mungkin.” Uniknya, ternyata impian ini tidak ada dalam daftar alasan pada Gen-Xers dan Boomers loh. Dengan impiannya yang ingin memiliki banyak uang dan gaya hidup yang baik, saat ini banyak cara yang dilakukan oleh millennials, entah itu dengan berwirausaha atau terjun ke pasar keuangan.

Millennials terbukti merupakan generasi dengan keuntungan tertinggi

Impian millennials untuk bisa memiliki gaya hidup yang bagus ternyata membuat millennials sebagai generasi dengan laporan return investasi tertinggi loh. Secara angka, target return yang ingin dicapai oleh millennials adalah 9,18%. Kenyataannya millennials berhasil mendapatkan return lebih tinggi yaitu sebesar 9,22%.

Angka ini lebih tinggi dari Gen-Xers dan Boomers. Target return Gen-Xers sebesar 7,02% dan kenyataannya mendapat 8,14% – masih lebih besar millennials ya. Sedangkan target return Boomers adalah 8,81%, namun kenyataannya hanya bisa mencapai 5,66%.

Fakta lainnya adalah jumlah persentase kepemilikan emas fisik tertinggi ternyata dimiliki oleh millennials dengan angka 11%. Jauh lebih besar dibandingkan Gen-Xers yang hanya 7%. Dari data ini terbukti millennials ternyata banyak yang berinvestasi di produk emas.

Millennials menyadari ruang lingkup investasi sangat luas

Salah satu hal yang menjadikan nilai return millennials lebih besar adalah mereka melakukan diversifikasi internasional. Hasilnya, sebanyak 88% millennials memiliki investasi di luar negeri. Inggris, Jepang, China, dan Eropa merupakan tempat terbaik untuk investasi bagi millennials. Kemudahan informasi dan akses yang membuat millennials mengembangkan investasinya sampai ke luar negeri.

Kelebihan dan kekurangan millennials

Kelebihan millennials dibandingkan generasi terdahulu adalah mereka selalu ingin berperan aktif dalam mengelola investasi mereka. Selain itu mereka cenderung untuk memahami dulu seluk beluk tentang investasi yang dipilih sebelum terjun ke investasi tersebut. Sehingga millennials cenderung selalu meminta edukasi tentang investasi terkait kepada perusahaan investasi yang dipilihnya. Hal inilah yang tidak dilakukan oleh generasi terdahulu.

Sedangkan kekurangan millennials yang paling terlihat adalah mereka selalu ingin mendapatkan imbal hasil dengan cepat alias tidak sabaran.

 

Melihat hasil survei tersebut, tentu kamu juga punya peluang untuk menjadi salah satu millennials yang sukses berinvestasi. Mumpung masih banyak peluang yang didukung mudahnya akses informasi mengenai investasi, jangan sia-siakan kesempatan untuk mempersiapkan masa depan kamu ya, millennials.

 

Nantikan artikel dan tips selanjutnya dari kami, semoga bisa membantu kamu meraih dan memksimalkan peluang berinvestasi. Semoga sukses millennials!

 

Source: https://www.forbes.com/sites/shannarajohnson/2017/09/07/are-millennials-better-investors-than-boomers-and-gen-xers/#52a2a79b5ec1

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://www.investasi-millennial.com/fakta-millennials-adalah-investor-terbaik/
Twitter
YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *