Saving Bond Ritel / Investasi Millennial

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi telah meluncurkan Savings Bond Ritel seri 004 (SBR004) pada 20 Agustus 2018 untuk tenor 2 tahun. Menariknya, peluncuran SBR004 ini tepat setelah Bank Indonesia (BI) naikkan suku bunga acuannya menjadi 5,50%. Itu berarti, keuntungan yang diraih bakal lebih besar loh jika dibandingkan dengan suku bunga BI 7 Day Repo Rate (7-DRR) sebelumnya.

Savings Bond Ritel Adalah…

Saving Bond Ritel / Investasi Millennial

Sebenarnya jenis SBR ini mirip surat utang negara (SUN) atau Sukuk Ritel (Sukri), hanya saja instrumen pembayaran ini memang khusus ditawarkan untuk perorangan warga negara Indonesia. Proses kepemilikan investasi SBR ini memang dirancang lebih aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan loh. Dana investasinya juga memang dikhususkan digunakan untuk pembangunan negara.

Cara Investasi SBR004

Pertumbuhan Investasi / Investasi Millenial

 

Karena sudah bisa diproses secara online, kamu dipermudah untuk mendaftar dan berinvestasi SBR004 dengan 4 cara ini:

  1. Kamu bisa daftar secara online yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis) yang sudah ditunjuk secara resmi oleh Kemenkeu yaitu bank swasta dan portal midis resmi lainnya. Kamu tinggal memasukkan data diri, nomor Single Investor Identification (SID), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga.

Kamu belum punya semua persyaratannya? Tenang, Midis yang kamu pilih nanti akan membantu kamu kok. Ikuti saja setiap langkahnya.

  1. Setelah registrasi pendaftaran berhasil, kamu sudah bisa memesan SBR004. Semua ketentuan akan tertera di sana. Membaca ketentuan yang tertera adalah hal yang wajib kamu lakukan.
  2. Pemesanan kamu akan terverifikasi dan nanti kamu akan mendapatkan kode pembayaran (Billing Code) dari Midis. Kode itu yang akan kamu gunakan untuk penyetoran dana. Penyetoran ini ada batas waktunya ya.
  3. Terakhir, kamu akan ada konfirmasi lagi dengan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan notifikasi “completed order”. Setelah dapat tanggal settlement juga, sudah deh kamu berhasil berinvestasi lewat SBR004.

Perhitungan Keuntungan

Kalkulasi / Investasi Millennial

 

Misalnya kamu akan melakukan investasi SBR004 sebesar Rp 10.000.000

Kupon (BI 7 DRR + spread tetap): 8,05%  (5,50% + 2.55%)

Keuntungan kotor kupon per tahun:

Rp 10.000.000 x 8,05% = Rp 805.000

Keuntungan kotor kupon per bulan:

Rp 805.000 : 12 bulan = Rp 67.083

Pajak kupon per bulan:

Rp 67.083 x 15% = Rp 10.062

Keuntungan bersih kupon per bulan:

Rp 67.083 – Rp 10.062 = Rp 57.021 yang akan dibayar setiap tanggal 20

 

Keuntungan bersih kupon per tahun:

Rp 57.021 x 12 bulan = Rp 684.252

 

Kalau BI Malah Menurunkan Suku Bunga Bagaimana?

Yield Trurun / Investasi Millennial

Inilah alasan mengapa kamu jangan lewatkan kesempatan ini, terutama saat suku bunga BI kini cenderung sedang tinggi.

Jika bulan Desember 2018 nanti suku bunga 7-DRR turun menjadi 5,25%, maka untuk periode Januari – Maret 2019 kupon yang berlaku bukan 7,80% (hasil hitungan dari 5,25% + spread 2,55%). Melainkan kembali pada angka 8,05% saat kamu membeli kupon pertama dan minimal.

Jadi, tetap untung dong meski suku bunga BI nanti turun. Belum lagi ada potensi kalau BI bisa saja menaikkan suku bunganya lagi. Imbal hasil yang kamu dapatkan bakal lebih tinggi loh. Tinggal hitung dari suku bunga 7-DRRR saat itu, lalu ditambahkan dengan spread 255 bps.

Buat kamu yang baru pertama kali berinvestasi dengan dana yang minim, kami sarankan untuk mencoba SBR004 ini. Selain kamu bisa investasi dengan hanya mulai Rp 1 juta saja, investasi jenis ini cenderung aman karena dilindungi oleh negara.

Penawaran SBR004 ini terbatas loh hanya sampai 13 September 2018 saja dan ditutup pukul 10.00 WIB. Buat kamu yang tertarik, kami sarankan untuk ambil kesempatan ini. Selain karena kamu bisa belajar berinvestasi, program ini juga menjadi sarana kamu untuk membantu negara karena uang itu akan dipinjam oleh negara untuk pembangunan Indonesia.

Kalau Ingin Redemp Semua Dana Investasi Sebelum Jatuh Tempo?

Kalender / Investasi Millennials

Kemenkeu memberikan fasilitas Early Redemption. Artinya, kamu bisa menerima data investasi atau pelunasan pokok SBR004 sebelum jatuh tempo dengan tenor 2 tahun pada 20 September 2020 mendatang. Syaratnya, kamu merupakan investor yang memiliki kupon minimal Rp 2 juta saja. Sedangkan kamu hanya bisa mengajukan Early Redemption sebanyak 50% dari total kepemilikan kupon kamu.

Periode Early Redemption ini antara 7 – 15 Oktober 2019.

Bagaimana? Menarik bukan? Buat kamu yang sempat tertinggal oleh periode SBR003 sebelumnya, kali ini jangan sampai ketinggalan ya. Dana investasi kamu dijamin oleh negara dengan aman dan yang pasti menguntungkan. Kami sarankan agar kamu bisa berinvestasi minimal Rp 2 juta supaya dapat fasilitas Early Redemption.

Kamu juga bisa cek website Kementerian Keuangan disini https://www.kemenkeu.go.id/sbr

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://www.investasi-millennial.com/bi-naikkan-suku-bunga-investasi-sbr-bisa-untung-besar-nih/
Twitter
YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *