Asuransi - Investasi Millennial

Saat ini banyak perusahaan asuransi berusaha menarik minat masyarakat menjadi peserta asuransi di tengah persaingan mereka dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Tak terkecuali, mereka berusaha menarik kalangan millennial yang merupakan generasi dengan populasi produktif terbesar saat ini.

Sejumlah benefit atau “keuntungan” pun ditawarkan ke masyarakat agar masyarakat membeli produk mereka, salah satunya adalah produk asuransi unit link. Ternyata, asuransi unit link merupakan produk unggulan yang cukup banyak diminati oleh millennial yang ingin mendapatkan proteksi jiwa, biaya kesehatan serta investasi sekaligus.

Dana premi asuransi ini diputar di pasar keuangan dan saham, dengan begitu asuransi unit link sangat erat kaitannya dengan kondisi pasar uang dan pasar saham. Dana dari nasabah dikelola oleh manajer investasi yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi sementara investasi ini menggunakan sistem unit link, dimana perkembangan investasi bisa dilihat dari perkembangan nilai satu unit link.

Sebagai jenis asuransi yang banyak dipilih oleh masyarakat umum, tentu asuransi unit link memiliki beragam manfaat dan risikonya yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya.

Berikut beberapa poin manfaatnya :

  1. Perlindungan tambahan

Asuransi unit link memiliki beragam jenis asuransi tambahan (rider) yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan beragam kebutuhan kita. Hal ini tentu menyenangkan karena akan mempermudah kita ketika membutuhkan berbagai macam asuransi dan cukup menggunakan satu unit link untuk segala kebutuhan kita. Hanya, yang perlu di perhatikan dari awal adalah besaran premi yang harus kamu bayarkan karena adanya (rider) di dalam unit link yang kita gunakan, karena setiap penambahan (rider) akan dibarengi penambahan sejumlah premi.

  1. Sebagian premi hangus

Berbeda dengan asuransi jiwa murni, di unit link, premi yang kita bayarkan tidak seluruhnya akan hangus, dan bisa dicairkan jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya, yaitu premi yang dialokasikan untuk dana pengembangan investasi. Hal ini tentu saja cukup menguntungkan, karena pada asuransi jiwa murni akan menerapkan sistem premi hangus jika ternyata risiko yang ditanggung tidak terjadi hingga masa berlaku asuransi telah selesai

  1. Masa pertanggungan yang panjang

Asuransi unit link juga menawarkan masa pertanggungan yang panjang dan bahkan jauh melampaui masa pertanggungan yang ditetapkan di dalam asuransi jiwa murni. Di asuransi unit link, tertanggung bisa mendapatkan masa pertanggungan selama, 75 tahun, 80 tahun, atau hingga 100 tahun. Untuk periode pertanggungan akan disesuaikan dengan kebijakan masing-masing dari perusahaan asuransi.

  1. Keuntungan ganda

Sebagaimana kita ketahui, asuransi unit link merupakan layanan asuransi yang terdiri dari manfaat perlindungan dan juga investasi. Dengan begitu, kita tidak hanya mendapatkan perlindungan terhadap berbagai risiko yang terjadi pada diri kita saja, namun dalam hal ini kita juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari investasi yang kita lakukan tersebut.

  1. Kemudahan berinvestasi

Mungkin dengan minimnya informasi yang didapat, kamu mungkin akan sedikit khawatir untuk bagaimana menentukan investasi yang tepat. Namun, dengan unit link, kamu akan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam berinvestasi, karena investasi yang kita lakukan dalam unit link akan ditangani oleh ahli yang profesional yang ditunjuk oleh perusahaan asuransi. Dengan begitu, kita tidak perlu merasa khawatir dan kebingungan mengenai investasi, kita juga bisa mendapatkan informasi detail mengenai segala sesuatunya dengan cara menanyakan hal tersebut pada pihak perusahaan asuransi.

  1. Polis yang tidak berubah

Asuransi unit link adalah asuransi yang fleksibel dan memudahkan kita dalam menambah dana ataupun menarik dana tersebut. Kita juga diberi kemudahan untuk mengalihkan dana investasi yang kita miliki ke jenis investasi lainnya yang disediakan oleh pihak asuransi.

  1. Fasilitas cuti premi

Di dalam asuransi unit link, dikenal istilah fasilitas cuti premi. Fasilitas ini memungkinkan kita untuk cuti sementara dalam membayar premi yang menjadi kewajiban kita selaku tertanggung. Namun dalam masa ini, kita tetap bisa mendapatkan manfaat dari polis asuransi yang kita gunakan, termasuk mendapatkan beragam informasi lainnya yang memang menjadi hak kita sebagai pengguna unit link.

Sementara untuk risikonya dapat kita lihat dari beberapa poin di bawah ini:

  1. Manfaat investasi yang tidak maksimal

Unit link pada dasarnya adalah sebuah layanan asuransi yang bertujuan untuk melakukan proteksi, dan hal ini merupakan fungsi utama dari asuransi ini. Dengan menilik hal tersebut, maka bisa dipastikan bahwa manfaat investasi yang terdapat di dalam unit link tidak akan bisa berjalan dengan maksimal, di mana investasi langsung akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan manfaat yang kita dapatkan dari investasi unit link.

  1. Premi yang tinggi

Asuransi unit link menerapkan jumlah premi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan asuransi jiwa murni. Hal ini bahkan bisa berkali lipat jumlahnya. Premi yang tinggi ini bisa terjadi akibat adanya fungsi investasi yang terkandung di dalam asuransi unit link, di mana pada dasarnya dana premi yang kita bayarkan memang digunakan sebagai dana investasi oleh perusahaan asuransi.

  1. Tidak ada jaminan keuntungan

Meski menawarkan investasi, namun pada dasarnya asuransi unit link tidak memiliki jaminan keuntungan dari investasi yang kita lakukan. Hal ini justru berpotensi untuk sangat merugikan, karena meskipun tidak ada jaminan keuntungan dari investasi yang kita lakukan, namun segala macam biaya yang timbul akibat adanya investasi tersebut bersifat tetap dan wajib kita bayarkan.

  1. Nilai perlindungan kecil

Jika dibandingkan dengan asuransi jiwa murni, maka nilai perlindungan yang diberikan oleh asuransi unit link jauh lebih kecil. Hal ini berbanding terbalik dengan besaran premi dan biaya yang harus kita bayarkan, di mana asuransi jiwa murni justru menawarkan jumlah premi yang jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan asuransi jiwa unit link.

  1. Besaran biaya asuransi terus meningkat

 

Meski pembayaran premi di dalam unit link bersifat tetap hingga masa pertanggungan selesai, namun pada kenyataannya biaya asuransi yang ditetapkan oleh unit link akan meningkat setiap tahun, dan hal ini tidak akan ditampilkan di dalam proposal asuransi tersebut.

Hal ini bisa dilihat dengan adanya tanda asterik (*) yang terdapat di dalam biaya asuransi, yang berbunyi: “Merupakan biaya asuransi pada saat usia masuk. Biaya asuransi akan berubah dari tahun ke tahun sesuai dengan usia pada saat tahun berjalan …”. Hal ini menjadi bukti bahwa besaran biaya asuransi yang dipungut oleh perusahaan penyedia layanan unit link, akan meningkat setiap tahunnya.

Dengan ulasan ini kami berharap kalian bisa mengetahui seluk beluk asuransi unit link dan kamu bisa memutuskan apakah produk ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif investasi.

Namun banyak pakar keuangan menyarankan agar kalian memiliki produk asuransi yang terpisah dengan produk investasi. Gunanya adalah agar manfaat dari keduanya bisa maksimal bagi keperluan hidup kamu.

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://www.investasi-millennial.com/asuransi-unit-link-tepatkah-sebagai-pilihan-investasi-millennial-saat-ini/
Twitter
YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *