Freelancer / Investasi Millennial

Kamu pernah ngerasain jenuh dengan pekerjaan kamu? Bosan dengan aktivitas kerja setiap hari masuk jam 9 pagi pulang jam 6 sore? Atau kamu merasa pekerjaan kamu tidak “challenging”? Kamu mungkin perlu coba jadi freelancer. Ada beberapa manfaat yang mungkin hanya bisa didapatkan saat kamu menjadi pekerja lepas.

 

Mudahnya akses informasi dan perkembangan teknologi di zaman sekarang telah membuka banyak sekali ladang pekerjaan yang dimana kita tidak harus menjadi staff terdaftar perusahaan tersebut. Buat kamu yang bisa cari peluang, menjadi freelance juga dapat memberi penghasilan lebih daripada pekerja kantoran lho.

Bukan hanya itu, menjadi freelance juga bisa mengasah kemampuan kamu dan membentuk diri kamu menjadi seseorang yang disiplin waktu. Untuk lebih jelasnya yuk cek manfaat dan tipsnya di artikel ini yah.

Portofolio kamu jadi cepat terbentuk

Freelancer biasanya mengutamakan softskill seperti menulis, fotografi, desain grafis, serta ahli di bidang IT dan biasanya bekerja sesuai “orderan”. Nah orderan ini yang tidak akan ada batasnya karena kamu bisa mengerjakan dua bahkan lebih proyek. Kalau kamu berhasil menyelesaikan proyek-proyek tersebut, otomatis portofolio akan cepat terbentuk.

“Pamerkan” portofolio kamu di media sosial

Memamerkan portofolio kamu di media sosial adalah hal yang patut kamu lakukan supaya orang lain bisa melihat hasil “kerja” kamu selama ini. Adanya media sosial bisa menjadi galeri pribadi kamu. Misalnya Instagram bisa kamu gunakan untuk memamerkan karya fotografi atau desain grafis kamu. Lalu blog bisa jadi lahan portofolio tulisan kamu. Atau kamu bisa mencoba seperti LinkedIn yang bisa menghubungkan kamu kepada orang-orang di seluruh dunia.

Membentuk kamu menjadi pribadi yang mudah bergaul

Karena kamu tidak memiliki status tetap sebagai pegawai dari satu perusahaan, kamu bisa bebas bertemu semua orang dari berbagai kalangan. Bahkan peluang kamu untuk mendapat akses ke perusahaan luar negeri jauh lebih tinggi lho. Dari sini secara tidak sadar kamu telah melebarkan hubungan kamu dengan siapa saja dan kamu akan menjadi seseorang yang mudah bergaul.

Penghasilan yang variatif

Buat kamu yang selalu bisa membaca peluang, istilah penghasilan yang “variatif” ini bisa diartikan sebagai penghasilan yang tiada batas. Menjadi freelance membuka kesempatan kamu untuk mencari penghasilan sesuai target kamu. Ketika kamu punya target, tetap semangat untuk cari cara mewujudkan target kamu ya. Menjadi freelancer tidak ada batasan waktu untuk kamu “bekerja”.

Jangan lupa atur keuangan kamu ya!

Salah satu risiko yang harus kamu hadapi menjadi seorang freelance adalah kemungkinan kamu mendapatkan penghasilan yang tidak pasti. Jadi ada baiknya kamu atur pengeluaran kamu ya. Meski kamu mendapat penghasilan yang lebih banyak dari target, kamu jangan sampai kalap ya. Atur keuangan kamu dengan bijak. Sisihkan uang kamu menjadi beberapa bagian, seperti untuk anggaran bulanan, uang yang ditabung, uang untuk keadaan darurat, dan jangan lupa sisihkan juga untuk investasi supaya uang kamu dapat menghasilkan peluang profit dari sisi lain.

 

Sebagai millennials, kamu perlu untuk mengasah kemampuan kamu bagaimanapun caranya. Bukan berarti pekerja kantoran tidak berpotensi memberikan peluang untuk kamu. Tapi tidak ada salahnya untuk menjadi pekerja lepas agar kamu tahu bagaimana kondisi di dunia pekerjaan dan kamu bisa terus produktif. Semangat!

Please follow and like us:
RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://www.investasi-millennial.com/5-keuntungan-jadi-freelancer/
Twitter
YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *